Merawat Tradisi Membangun Peradaban

Minggu, 07 April 2013

NU Lampung Tengah Serius Garap Anak Usia Dini

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Tengah tahun ini akan lebih sungguh-sungguh dalam menggarap perkembangan anak usia dini. Media yang dikembangkan untuk itu, terutama Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Demikan salah satu hasil Musyawarah Kerja Cabang PCNU Lamung Tengah, yang digelar di sekretariatnya, di Jalan Lintas Tengah Sumatera, Kampung Seputihjaya, Gunungsugih, beberapa bulan yang lalu. Acara diikuti seluruh jajaran organisai berlambang bola dunia itu, yakni meliputi Lembaga, Lanjnah, dan Badan Otonom.

Pertimbangan atas hal itu, pada usia tersebut—sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad saw dalam haditsnya, anak bagaikan kertas putih. Apa yang ditanam saat itu, akan menentukan perkembangan hingga yang bersangkutan dewasa. “Salah di awal bisa salah finisnya,” ujar ketua PCNU Lampugn Tengah, Ahmad Jaelani.

Dia mengakui kedua lembaga pendidikan itu sudah banyak yang menggarap. Akan tetapi, beberapa pengelola lebih mementingkan kecerdasan intelektual dibanding spiritual. Selain itu, penguasaan antara ranah kognitif, afektif, dan psikomotornya tidak setimbang. (NUD/L-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar